Sabtu, 01 November 2008

URAIAN MATERI GEOGRAFI (SAVANA)

Savana

Savana adalah padang rumput dengan diselingi oleh gerombolan pepohonan. Pengertian savanna(sabana) yang sebenarnya hanyalah hamparan rumput yang luas dan tempat dimana bermacam ekosistem berkumpul untuk saling berinteraksi (berupa simbiosis dan rantai makanan) disini diartikan sangat luas dimana pemaknaan ruang oleh masyarakat Indonesia yang sebenarnya memiliki kebudayaan berkumpul kembali dimunculkan dengan sebuah eksekusi berupa eco-corridor dengan maksud memunculkan kembali kebudayaan yang telah lama bergeser kepada sifat individualis oleh masyarakat pada umumnya sehingga dapat dikatakan ECO-CORRIDOR yang kami maksud adalah sebagai "ruang tamu" untuk khalayak. Savana berkembang dengan lebih baik di Afrika dan Amerika Selatan.

Savana terdapat juga di negara India, Asia Selatan, Australia, dan Indonesia (Irian, NTT, dan NTB). Di savana terdapat berbagai jenis hewan, yaitu bison, gajah, jerapah, zebra, domba, biri-biri, harimau, cheetah, serigala dan ular.

Bentuk Savana terbagi atas :
1. Savana datar, tumbuh diatas tanah hitam alluvial muda
2. Savana bergelombang, tumbuh di atas tanah hitam berbatu-batu besar

Ciri Khas Savana
Padang rumput
Tumbuhan agel (Corypha utan)
Lontar (Borassus flabelifer)
Bambu duri (Bambusa spinosa)
Semak belukar

Proses Terbentuknya Savana
Bourlieredan Hadley (Lal,1987), mengemukakan pendapat tentang savana dan proses pembentukannya secara komprehensif. Dinyatakan bahwa struktur savana selalu ditandai oleh:
1) Strata rumput yang jelas dan merata yang diinterupsi pohon dan semak;
2) Kehadiran api dan hewan perumput;
3) Pola pertumbuhan komponen biotik ditentukan oleh pergantian di antara musim basah dan musim kering.

Berdasarkan struktur seperti ini, Lal (1987) menjelaskan tentang proses suksesi klimaks savana sebagai berikut: hutan savana akan terbentuk jika matriks tanahnya cukup basah dan lembap sehingga mampu menunjang pertumbuhan individu pohon dan kanopi yang rapat. Selanjutnya kerapatan pohon akan semakin berkurang sejalan dengan makin meningkatnya kekeringan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar